Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan nikmat kesehatan kepada kita semua, sehingga acara YMCC keempat ini dapat dipersiapkan dengan baik. 

Youth Mining Camp Competition adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta. Melalui YMCC ini, setiap peserta dari berbagai universitas akan saling berkompetisi, menjalin jaringan, serta bertukar pengalaman antar mahasiswa pertambangan dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sebagai Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini.

Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan YMCC 2021. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan sukses tanpa masalah yang berarti serta dapat meningkatkan kualitas generasi pertambangan di Indonesia.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Dasar & Tujuan

Dasar :

  1. Tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan landasan berpijak bagi mahasiswa dalam menguasai, mengembangkan dan mengabdikan ilmu pengetahuan yang diperoleh guna menyelesaikan lebih mendalam segala permasalahan dalam kehidupan masyarakat serta mencari jalan pemecahnya
  2. Program kerja himpunan mahasiswa teknik pertambangan (HMTA) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta


Tujuan:

  1. Mengembangkan sumber daya insani melalui pengabdian terhadap masyarakat sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Menjalin dan membangun hubungan persahabatan dengan berbagai macam Program Studi teknik pertambangan yang berasal dari beragam daerah.
  3. Mengembangkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa mengenai dunia pertambangan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia secara langsung.

Pendahuluan

           Youth Mining Camp Competition 2021 (YMCC 2021) merupakan ajang perlombaan di bidang pertambangan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta, acara ini diselenggarakan sebagai sarana bersilaturahmi, meningkatkan kompetensi dan pengetahuan tentang dunia pertambangan dan juga melatih daya saing secara sehat dan sebagai dorongan untuk membentuk generasi tambang yang unggul di masa depan.

           YMCC 2021 akan diselenggarakan di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. YMCC keempat ini merupakan kelanjutan dari YMCC sebelumnya, yaitu untuk menjawab tantangan dan perkembangan ilmu pertambangan yang berkembang sangat cepat. Oleh karena itu, kami mengangkat tema “Technological Innovation for The Sustainable Mining Industry”. Adapun beberapa acara pada YMCC 2021 meliputi perlombaan-perlombaan di bidang ilmu pertambangan dan juga memiliki kegiatan sosial yang dibalut dalam acara YMCC Society Project, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimana YMCC 2021 ini dilaksanakan.

           Ditahun penyelenggaraan ymcc 2021 merupakan masa transisi menuju normal baru dari pandemi covid-19 yang sedang terjadi. Oleh karenanya, kami menyiapkan beberapa rencana terkait Covid-19. Diantara rencana tersebut adalah memperketat protokol Covid-19 sesuai dengan rekomendasi Kementrian Kesehatan, penggunaan APD Covid-19, Peduli Covid-19 melalui YMCC Society Project, dan mengkonsepkan acara sehingga dapat terselenggara dengan baik disituasi transisi menuju normal baru.


Struktur Kepanitiaan

Sejarah YMCC

             YMCC merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang merupakan pengembangan dari program kerja Yogya Mining Competition (YMC) yang sebelumnya sudah dilaksanakan dalam skala provinsi selama 8 tahun berturut – turut. Kemudian sejak tahun 2016, YMC berkembang lebih besar menjadi YMCC yang berskala nasional.

             YMCC pertama yaitu pada tahun 2016 yang dilaksanakan di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta diikuti oleh 11 universitas yang ada di Indonesia. YMCC kedua pada tahun 2017 yang dilaksanakan di Bayat, Klaten, diikuti oleh 9 universitas dengan tema “Get Involved, Get Resolved”, YMCC 2017 ini juga memberikan dampak positif terhadap pengembangan wisata masyarakat sekitar. Salah satu bentuk kontribusinya, yaitu pembangunan monumen di gerbang masuk Desa Gunung Gajah. YMCC ketiga yaitu pada tahun 2019, diselenggarakan di Desa Tinalah, Kulon Progo, yang menghadirkan suasana baru dari mining competition, dimana peserta bukan hanya bertanding, tetapi juga mendapatkan ilmu baru tentang pertambangan dalam bidang sosial, teknologi, dan sains yang dibalut dalam tema “Discover The New Mining Era”.